Laman

Selasa, 22 September 2015

Tips Memilih Laptop Gaming

Tips Memilih Laptop Gaming

 

 
Segi Prosesor
Prosesor menjadi suatu hal yang penting dalam kinerja laptop. Bagian ini disebut sebagai otak dari sebuah laptop. Dalam memilih laptop untuk gaming, Anda juga perlu mengetahui jenis prosesor dan kualitas yang dimiliki oleh prosesor itu sendiri. Yang dapat Anda ketahui dan cermati adalah misal seperti tingginya clock speed (GHz), jumlah core (inti otak), atau juga sistem hyper threading, dan juga besar cache yang ada. Pada umumnya prosesor Core i3, i5 atau AMD A4 Dual Core dengan 2 GHz dan cache 2 MB sudah cukup dalam memainkan game ringan sampai sedang. Namun bagi Anda yang menginginkan game berat dan terbaru, pastinya membutuhkan yang lebih pula. Anda dapat memilih prosesor Intel atau juga AMD.


VGA ( Video Graphic Adapter)
 Tips memilih laptop gaming berikutnya adalah memperhatikan VGA. Kemampuan komponen hardware atau perangkat keras yang satu ini sangat menunjang sekali dalam kinerja laptop untuk gaming. Semakin besar jumlah memori yang ada dalam VGA maka semakin besar pula kemampuan grafis yang dimiliki oleh laptop tersebut. Dengan begitu maka laptop dapat memainkan game dengan baik. Saat ini terdapat dua produsen chipset VGA yang terkenal yaitu Nvidia GeForce, dan juga ATI Radeon. Kedua produsen tersebut memang sudah terkenal dalam pasaran laptop. Baca juga Perbedaan Nvidia dan ATI Radeon


Jumlah RAM (Random Access Memory)
RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara pada saat Anda menggunakan laptop. Untuk penggunaan game usahakan laptop memiliki RAM minimal 2 GB atau juga 4 GB tipe DDR3 atau DDR4. Namun yang perlu diingat adalah usahakan dalam memilih laptop RAM dan VGA harus seimbang agar kinerja lebih stabil. Dan perhatikan juga harga yang dibandrol laptop tersebut, biasanya jenis laptop untuk gaming dapat di-upgrade sendiri dengan memiliki biaya yang lebih terjangkau. Baca juga Perbedaan RAM dan ROM.

Hard Drive
Sebagai pengguna komputer tentu sudah mengetahui bahwa fungsi dari HD adalah untuk penyimpanan data secara permanen. Selain itu hard drive ini juga yang menentukan kecepatan transfer sebuah data dan juga untuk membaca berbagai driver yang ada pada laptop gaming. Tetapi Anda juga perlu memperhatikan kapasitas HD tersebut minimal 500 GB dengan minimal 5400 RPM (Rotation Per Minute). Di samping itu bagi Anda yang memiliki dana lebih, maka Anda dapat memilih hard drive dengan tipe SSD yang memiliki kemampuan 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan HD biasanya.
Nah itulah tadi pembahasan mengenai tips memilih laptop gaming, adapula hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah besarnya layar untuk kepuasan bermain game, audio, dan juga daya tahan baterai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar